Friday, June 18News That Matters
Shadow

Jum’at Bersih Polsek Kediri, Bersama Forkopimcam dan Warga Gotong Royong Bersihkan Sampah di Sepanjang Saluran Irigasi

hukrimloteng.com – Dalam mengantisipasi dampak menghadapi Cuaca Ekstrim, Khususnya wilayah kecamatan kediri dan Lombok Barat pada umumnya, Polsek Kediri bersama Forkopimcam Kediri dan warga melaksanakan Program Jum’at Bersih, Jum’at. (4/12)

Bertempat di sepanjang saluran irigasi di Jalan TGH. Ibrahim Kholidy Depan Kantor Camat Kediri hingga Depan Mako Polsek Kediri berjibaku membersihkan saluran irigasi.

Kapolsek Kediri AKP Arjuna Wijaya, SIK mengatakan dalam penanganan bencana diperlukan sinergitas semua pihak.

“Bentuk konsistensi segenap Pihak terahdap program Jum’at Bersih ini merupakan upaya awal dalam melakukan pencegahan terhadap kemungkinan terburuk terjadi terkait cuaca yang tak menentu saat ini,” ungkapnya.

Menurutnya yang terpenting juga adalah Kepedulian, sehingga dibutuhkan peran aktif dari tingkat Desa hingga Dusun, untuk melakukan pemantauan terhadap lingkungan sekitar dan segera mengambil Tindakan Tindakan pencegahan terhadap hal tersebut.

“Meminimalisir dampak buruk yang diakibatkan oleh cuaca ekstrim nantinya dengan pelaksanaan gotong royong ini merupakan Tindakan yang sangat penting dalam melakukan penanganan awal” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Kediri Hermansyah,S.Pd mengatakan tujuan dari giat yg dilaksanakan tersebut sebagai bentuk dalam mengatasi kewaspadaan menghadapi Perubahan cuaca yamg tidak menentu khususnya di wilayah Kecamatan Kediri yang pada umumnya di kabupaten Lombok Barat,

“Dengan bergotong royong membersihkan saluran irigasi seperti ini merupakan upaya kita dalam melakukan pencegahan awal dan meningkatkan kewaspadaan kita dengan kemungkinan kerawanan yang terjadi di kala Cuaca Ekstrim ini,” bebernya.

Dalam kegiatan ini, Camat Kediri membagi lokasi – lokasi yang akan di bersihkan dimana  lokasi yang biasa menimbulkan luapan air ,membuat  saluran air menjadi tersumbat.

“Menormalisasi saluran irigasi akibat tersumbatnya sampah, dengan begitu pemanfaatan air irigasi ke lahan pertanian lebih maksimal dan meminimalisir terjadinya Banjir,” pungkasnya.

Ia juga mengedukasikan kepada masyarakatnya agar tidak membuang sampah sembarangan untuk memberikan dampak peningkatan terhadap produktivitas pada lahan pertanian dan mendukung perekonomian Kecamatan Kediri.

“Agar masyarakat tidak membuang sampah di saluran irigasi atau sungai dengan program Jum’at bersih ini diharapkan mampu memberikan dampak positif terhadap peningkatan berbagai aspek guna menunjang kehidupan di Kecamatan Kediri,” ujarnya.

Camat Kediri juga berharap dengan adanya kegiatan yang dilaksanakan tersebut selain memberikan dampak positif terhadap menghindari dari Kerawanan Bencana alam yang dihadapi juga mampu mempererat kebersamaan antar masyarakat ditengah pandemic Covid-19 yang sampai saat ini masih mewabah.

“semoga dari bentuk kegiatan yang kita laksanakan ini dapat menambah erat kebersamaan kita dalam melaksanakan kegiatan kegiatan kedepannya dan jangan lupa untuk selalu mengedepankan penerapan protokol kesehatan sesuai dengan anjuran pemerintah,” tandasnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *